Zulkifli Amrizal: FKDM, Forum Deteksi Dini dari Masyarakat

Malang Raya

NOTULA – Forum Kewaspadaan Diri Masyarakat (FKDM) menjadi salah satu elemen deteksi dini yang lahir dari masyarakat. Mereka juga mendapat honor dari Pemerintah Kota Malang. Forum menjadi wadah informasi masyarakat, berdiri sejak 2013 silam.

“Memang kami memberikan fasilitas kegiatan, seperti hari ini, kemudian juga honor di Bakesbangpol Pemerintah Kota,” tutur Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Malang, Zulkifli Amrizal.

Zulkifli Amrizal. (Foto: Yustina Sipayung)

Pernyataan itu disampaikan Zulkifli, usai acara Pembinaan dan Fasilitasi Forum FKDM Kecamatan Sukun, di Aula Kantor Camat Sukun, Jalan Keben II, Bandung Rejosari, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Sabtu (12/12/20).

Pembinaan FKDM selanjutnya diselenggarakan dengan format sosialisasi atau bimbingan teknis (Bimtek) oleh Bakesbangpol, mengundang narasumber-narasumber terkait.

“Urgensinya untuk mengetahui atau deteksi dini terkait kerawanan, keamanan dan sebagainya,” tambah Zulkifli.

Dengan melibatkan FKDM yang merupakan bentukan dari masyarakat, dia berharap segala informasi yang menggangu keamanan dapat diketahui Pemerintah Kota atau Walikota melalui Bakesbangpol, sejak dini.

Kewenangan FKDM sendiri adalah mencari informasi dan memberikan informasi dari bawah (masyarakat dan media).

Terkait penindakan, akan ditangani walikota yang berkoordinasi dengan pihak samping, seperti Kapolres dan Dandim yang ada dalam Forkopimda.