Yanuar Wahyu, dari Sepakbola hingga Koi

Malang Raya

NOTULA – Ikan Koi identik dengan kalangan menengah atas. Banyak yang percaya, memelihara ikan Koi membawa keberuntungan dalam usaha maupun kehidupan sehari hari.

Di Malang, untuk mendapatkannya, bisa datang ke Momiji Koi Center, yang menjual beragam jenis Koi, berada di kawasan Sulfat Tengah No 2 Kota Malang, mulai dari Koi lokal dengan harga bersahabat, sampai impor yang harganya selangit.

Owner Momiji Koi Center, FX Yanuar Wahyu, berkisah, awalnya ia hanya hobi, tapi maunya beli terus menerus, terus banyak teman yang menawar Koi miliknya. Karena menguntungkan, akhirnya ia memutuskan jualan saja. Maka terciptalah Momiji Koi Center.

“Awalnya saya pemain Persela Lamongan, terus cedera dan harus rehat satu tahun. Supaya tetap ada pemasukan, akhirnya saya putuskan menekuni bisnis Koi saja,” ungkap Yanuar, saat ditemui notulanews di showroomnya, Selasa (15/12/20)

Koi yang ia jual beragam, ada yang impor dari Jepang, jenis Kohaku, Sanke, dan Showa. Ada juga Koi lokal dari Blitar.

Untuk Koi impor ia jual mulai Rp 1 juta hingga Rp 40 juta, sedangkan lokal berkisar Rp 25 ribu sampai paling mahal Rp 500 ribu.

Untuk omzet perbulan, sebelum pandemi, bisa laku 20 sampai 30 ekor, tapi di awal pandemi turun drastis.

“Mungkin penghobies takut mengeluarkan uang saat pandemi, tapi makin kesini, perlahan naik lagi customernya, bahkan saya kirim ke beberapa kota di Indonesia dan luar negeri,” Tutur Yanuar

Untuk penjualan, Yanuar juga memperkuat media sosial sebagai wadah promosi, agar tetap eksis di kalangan pecinta Koi. Yang penting optimisme tidak boleh pudar, apapun keadaanya,” pungkasnya.