Yahya Staquf Resmi Pimpin PBNU, Ini Harapan Muhammadiyah

Nasional

NOTULA – Setelah melalui proses yang penuh dinamika, KH Yahya Cholil Staquf akhirnya resmi terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2021 hingga 2026.

Gus Yahya, demikian ia akrab disapa, unggul dengan perolehan 337 suara lewat pemilihan pada Sidang Pleno V Muktamar ke-34 NU, di Gedung Serbaguna Universitas Lampung, Bandar Lampung, Jumat (24/12/21).

Kakak kandung menteri agama itu mengungguli rivalnya yang juga petahana Ketua Umum PBNU dua periode, KH Said Aqil Siroj yang hanya meraup 210 suara.

Total suara sah 547 suara dan satu suara tidak sah, diperoleh dari proses pemilihan cukup panjang, mulai pukul 1.15 WIB dinihari tadi.

Menyikapi hasil Muktamar ke-34 NU, keluarga besar Muhammadiyah menyampaikan selamat atas terpilihnya KH Miftachul Akhyar selaku Rais ‘Aam Syuriah PBNU dan KH Yahya Cholil Staquf sebagai Ketua Umum PBNU.

Ucapan itu disampaikan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Profesor Haedar Nashir, dalam keterangannya di Yogyakarta, Jumat (24/12/21).

“Insya Allah kedua tokoh itu dapat memimpin dan membawa gerak kemandirian NU, sebagaimana tema muktamar dan harapan keluarga besar nahdliyyin,” tutur Haedar Nashir.

Dia juga yakin kedua tokoh bangsa itu dapat terus merawat dan meningkatkan ukhuwah Islamiyah dengan seluruh golongan umat Islam, serta ukhuwah keindonesiaan dengan segenap komponen bangsa di negeri tercinta.

“Kami berharap silaturahmi dan kerjasama yang selama ini telah terjalin baik antara PBNU dan PP Muhammadiyah makin meningkat, demi kemaslahatan umat dan bangsa,” tuturnya.

Haedar meyakini Rais Aam Suriyah dan Ketum PBNU terpilih merupakan figur-figur alim bijaksana dalam merawat ukhuwah dan martabat umat Islam, sebagai akar tunggang organisasi-organisasi keislaman di negeri ini. Sekaligus berkhidmat memajukan bangsa dan dunia kemanusiaan di atas nilai-nilai Islam yang autentik dan rahmatan lil-‘alamin.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum PBNU periode lalu, KH Said Aqil Siroj, yang telah bersama seluruh jajaran berkontribusi untuk ummat dan bangsa, serta telah menjalin silaturahim antar elemen Ormas.