WNA dari Inggris Dilarang Masuk Indonesia

Nasional

NOTULA – Untuk mengantisipasi varian baru virus Corona di South Wales, Inggris dan adanya peningkatan kasus Covid-19 di Eropa dan Australia, kini diberlakukan aturan tambahan bagi pelaku perjalanan luar negeri, demi memproteksi WNI dari imported case.

Pernyataan itu disampaikan Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, seperti dikutip dari laman Setkab, Selasa (29/12/20).

Pelaku perjalanan, khususnya Warga Negara Asing (WNA) dari Inggris, baik secara transit maupun langsung, untuk sementara tidak dapat memasuki Indonesia.

Pelaku perjalanan WNA dan WNI dari wilayah Eropa dan Australia, baik secara langsung maupun transit di negara asing, harus menunjukkan hasil negatif melalui tes RT-PCR di negara asal, berlaku maksimal 2×24 jam sebelum keberangkatan, dilampirkan saat pemeriksaan kesehatan atau e-HAC Internasional Indonesia.

Ketentuan ini juga berlaku bagi para pelaku perjalanan WNI dari Inggris. Intansi berwenang juga akan melakukan pemeriksaan ulang berupa RT-PCR bagi WNI dan WNA setelah tiba di Indonesia.

Soal pemeriksaan ulang RT-PCR saat tiba menunjukkan hasil negatif, selanjutnya WNI tetap karantina 5 hari, terhitung sejak tanggal kedatangan, di tempat karantina khusus yang disediakan pemerintah.

Sementara, bagi WNA, diwajibkan melakukan karantina mandiri di hotel yang telah ditentukan pemerintah, dengan biaya mandiri.

Sedangkan kepala perwakilan asing dan keluarga yang bertugas di Indonesia bisa melakukan karantina mandiri di kediaman masing-masing selama 5 hari, dengan biaya mandiri.

Untuk diplomat asing lainnya, wajib karantina mandiri selama 5 hari di tempat yang disediakan pemerintah.

Bila pemeriksaan ulang RT-PCR saat tiba menunjukkan hasil positif, maka dilakukan perawatan di rumah sakit bagi WNI, dengan biaya ditanggung pemerintah dan WNA biaya mandiri.

Setelah dilakukan karantina 5 hari, bagi WNI dan WNA dilakukan pemeriksaan ulang RT-PCR. Jika hasilnya negatif, diperkenankan melanjutkan perjalanan.

Ketentuan ini, seperti dikutip dari RMOL.id, berlaku sejak 23 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021.