WHO: Virus Corona Tak Akan Pernah Hilang, Bisa Jadi Endemik

Nasional

NOTULA – Prediksi baru menyeruak. Virus corona baru atau SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19 mungkin tidak akan hilang dan bisa menjadi endemik seperti HIV.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengaku sulit memprediksi kapan pandemik akan berakhir, namun semua negara harus tetap positif dan berkolaborasi untuk menangani Covid-19.

“Saya pikir virus ini mungkin hanya menjadi virus endemik lain di komunitas kita, dan mungkin tidak akan pernah hilang,” kata Direktur Eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan WHO, Dr Michael Ryan, dalam konferensi pers di Jenewa, Rabu (13/5).

“Kita harus realistis, dan saya tidak berpikir ada yang bisa memprediksi kapan atau apakah penyakit ini akan hilang,” lanjutnya, seperti dikutip dari rmo.id.

Meski begitu Ryan mengaku masih ada harapan untuk masa depan, sehingga ia mendesak dunia untuk bekerja sama menyelesaikan pandemik Covid-19 melalui solidaritas, kepercayaan, kerja sama, dan sistem multilaterl yang benar-benar bermanfaat bagi umat manusia.

“Dalam beberapa hal kita memiliki kendali atas masa depan itu. Tetapi itu membutuhkan upaya besar untuk melakukannya. Itu akan membutuhkan dukungan politik, keuangan, operasional, teknis, dan masyarakat,” paparnya.

Sementara itu pimpinan teknis Covid-19 di WHO, Maria Van Kerkhove, menambahkan, meski saat ini dunia dalam keadaan cukup putus asa, namun umat manusia harus tetap positif dan penuh harapan.

“Ini tanggung jawab semua orang, kita semua harus berkontribusi untuk menghentikan pandemik ini,” tegas Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Data dari Universitas Johns Hopkins, Kamis (14/5), menunjukkan, virus Corona baru telah menginfeksi 4.347.018 orang di seluruh dunia.

Sementara itu 297.197 orang meninggal dunia dan 1.548.547 orang sudah dinyatakan sembuh.