Waspada, Hari Ini Puncak Arus Balik

Malang Raya

NOTULA – Libur panjang akhir Oktober berakhir sudah. Wisatawan yang memilih berlibur di Malang Raya pun berangsur kembali ke kota masing-masing. Akibatnya jelas, volume kendaraan kea rah luar kota pun meningkat.

Sebenarnya sejak Sabtu (31/10/20) peningkatan volume kendaraan sudah mulai terasa. Bahkan di beberapa titik terjadi penumpukan, di antaranya Simpang Karangploso, Simpang Pendem, Kepuharjo, dan ruas jalan menuju Gerbang Tol Singosari.

Kanit Turjawali Polres Malang, Ipda Taufik, mengatakan, kemungkinan puncak arus balik terjadi siang hari. “Kami akan antisipasi kemungkinan hari Minggu (1/11/20) puncak arus balik, dengan metode CBCB (Cara Bertindak Cara Bertindak) rekayasa lalin,” katanya, saat dijumpai di Karanglo, Sabtu (31/10/20) malam.

Dia menambahkan, jika cuaca cerah, rekayasa Lalin dari arah Batu ke Surabaya akan dijadikan Contraflow, melihat kondisi yang ada dan masih menunggu koordinasi dari Polres Malang.

Dia menyarankan wisatawan yang ingin kembali ke kotanya bisa lebih pagi, atau malam hari di atas pukul 22.00 WIB. “Karena puncak arus balik diprediksi terjadi pukul 13.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB,” tutur Taufik.