NOTULA – Kasus temuan surat suara Pemilu 2019 sudah dicoblos di Malaysia juga menjadi sorotan media asing, di antaranya Washingtong Post dan South China Morning.

Washington Post memuat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indonesia segera mengirim pejabat untuk menyelidiki gudang di Malaysia, setelah video penggerebekkan ribuan surat suara yang sudah dicoblos di negara itu beredar.

Pada salah satu video menunjukkan polisi tengah berada di Gudang di negara bagian Selangor Malaysia, dan orang-orang memegang surat suara serta berkomentar bahwa surat suara itu telah ditandai mendukung petahana Joko Widodo dan kandidat legislatif untuk partai-partai dalam koalisinya.

Sedang gi video lain, sepertinya dari lokasi kedua di Malaysia, menunjukkan dua wanita tengah mencoblos kertas suara dengan santainya.

Seperti diketahui, Pemilu presiden dan legislatif di Indonesia baru akan digelar pada 17 April 2019. Namun WNI yang tinggal di Malaysia akan memberikan suara pada Minggu (14/4), dan surat suara telah dikirim ke negara itu seminggu lalu.

komite pemantauan pemilu Indonesia untuk Kuala Lumpur di Malaysia, Yaza Azzhara, mengatakan, ada sekitar 10.000-20.000 surat suara ditemukan di dua lokasi itu.

Yaza juga mengatakan, dia dan perwakilan oposisi membuka beberapa surat suara yang merupakan surat suara pos, dan ditemukan bahwa surat suara ditandai untuk Jokowi-Ma’ruf.

Pada kasus lain, surat suara yang sudah dicoblos ditandai untuk calon legislatif sekutu Widodo yang merupakan putra duta besar Indonesia untuk Malaysia.

Sedang surat kabar South China Morning Post juga menyorot kasus itu. Disebutkan, kasus pencoblosan surat suara di Malaysia itu, walau bagaimanapun, berpotensi merusak posisi Jokowi.

Namun, seberapa besar pengaruh insiden itu terhadap prospek pemilihan ulang akan bergantung pada apakah kasus itu lebih lanjut akan muncul dalam beberapa hari ke depan.

Sementara itu, rival Jokowi, yakni Prabowo Subianto, menggalang para pendukung di Jokowi, dengan mengatakan dia ada di “misi suci”.

Malaysia sendiri, seperti dikutip dari rmol.co diperkirakan menampung lebih dari 980.000 pemilih Indonesia dalam Pemilu kali ini.