Viral, Video Pria Bergamis dan Petugas PSBB Surabaya Cekcok

Nasional

NOTULA – Sebuah video viral yang memperlihatkan seorang pria berpakaian gamis putih bersitegang dengan petugas check point Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Exit Tol Satelit, Surabaya, Jawa Timur.

Menurut Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, peristiwa terjadi pada Rabu (20/5). Saat itu petugas gabungan yang terdiri dari Polri, Dishub, Satpol PP, TNI dan lainnya, melaksanakan protokol kesehatan di checkpoint PSBB tahap dua di Surabaya.

Saat bersamaan, sebuah mobil Toyota Camry Nopol N 1 B melewati check point dan langsung dihentikan petugas, karena berasal dari luar wilayah Surabaya.

Otomatis dihentikan, untuk dilakukan pengecekan, ditanyakan maksud dan tujuannya. Jika tidak mematuhi aturan PSBB dan tidak jelas tujuan dan maksudnya masuk wilayah Surabaya, maka diputarbalikan ke tempat asal.

“Drivernya tidak pakai masker, volume kendaraan tidak sesuai aturan, kemudian plat N, berlaku semua ya. Itu akan diberlakukan pengecekan protokol kesehatan. Ketika plat luar berarti pendatang, ketika pendatang tentu sesuai protokol kesehatan kita tanya tujuan dan maksudnya datang ke Surabaya,” jelas Trunoyudo, seperti dikutip dari rmol.id, Kamis (21/5).

“Nah ini PSBB, artinya pergerakan orang kita batasi, yang tidak perlu tidak urgent ya kita suruh putar balik atau kembali ke tempat asalnya,” sambung Trunoyudo.

Namun saat ditegur lisan, sambungnya, pengendara tidak terima saat diperintahkan putar balik. Petugas sangat sabar menghadapi kemarahan pengendara.

“Pada saat itu Polri dalam hal ini Polda Jawa Timur, memberikan edukasi, imbauan, anggota Lantas kita sabar memberikan imbauan. Ini langkah awal yang patut ditiru. Tindakan ini sebenarnya hanya pelanggaran, bukan kejahatan,” terangnya.

Namun, ia mengaku akan mendalami kronologi lebih jelas terhadap keterangan petugas yang ada pada peristiwa itu. “Sejauh ini kami perlu dalami melalui petugas yang ada di lokasi,” imbuhnya.

Trunoyudo tidak bisa memastikan pria yang menggunakan gamis berwarna putih yang sempat bersitegang dengan petugas itu Habib Umar Assegaf Bangil, seperti yang viral di media sosial.

Dia hanya menyebut bahwa identitas pemilik mobil dengan plat N 1 B tercatat atas nama Umar Abdullah Assegaf.

“Saya nggak bisa menyebutkan identitas dulu ya, karena tidak ada identitasnya yang bersangkutan di video itu. Tapi kalau ditanya pada plat N 1 B, setelah kita lakukan pengecekan, pemilik TNKB-nya atas nama saudara Umar Abdullah Assegaf. Tapi apakah orang itu? Ya belum tahu, bisa saja mobilnya dipakai orang lain,” tandasnya.