Vaksinasi Covid-19 untuk Insan Pers Berjalan Lancar

Nasional

NOTULA – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi 5.512 insan pers, di Hall A Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, pada hari pertama, Kamis (25/2/21), berjalan lancar.

Pada pelaksanaan hari pertama vaksinasi, selain presiden, tampak hadir Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, Menteri Informasi dan Informatika RI Johnny G.Plate, Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh, dan Ketua Umum PWI Pusat, Atal S. Depari.

Ketua Dewan Pers, Mohammad Nuh, kepada wartawan mengatakan, vaksinasi Covid-19 bagi insan pers adalah bagian dari tugas Dewan Pers, yaitu melindungi dari tekanan dan ancaman dari luar ketika menjalankan tugas jurnalistik, selain ancaman dari penyakit, dari dalam tumbuh.

Sebab itu, wartawan, insan pers, harus diberi perlindungan dengan vaksin, supaya sehat dan bisa menyajikan berita berkualitas.

Sementara Ketua PWI Pusat, Atal S. Depari, Selasa (23/2/21), secara terpisah mengatakan, pihaknya memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah yang memberi perhatian kepada insan pers dalam pemberian vaksin Covid-19.

“Kami juga senang, pemerintah telah mengapresiasi insan pers yang melakukan tugas jurnalistik di tengah pandemi Covid-19. Risiko tertular Covid-19 bagi wartawan juga tinggi. Karena itu pada kesempatan puncak acara Hari Pers Nasional 9 Februari lalu, presiden menambah 5.000 insan pers untuk divaksin,” kata Atal.

Pelaksanaan vaksinasi hari pertama berlangsung lancar dan tertib. Semua peserta dipersilakan duduk di kursi yang sudah disediakan. Para peserta dilayani sesuai alur yang ditetapkan. Untuk registrasi disiapkan 20 meja, screening 25 meja, vaksinasi 25 meja, dan pelaporan 10 meja.

Para penerima vaksin dipanggil secara bergelombang sesuai tempat mereka mendaftar, yakni di 10 konstituen Dewan Pers dan Forum Pemred.