Usia Senja dan Pandemi Tak Jadi Kendala untuk Terus Berkarya

Malang Raya

NOTULA – Usia senja tidak menjadi kendala bagi Sarmin. Penjual buah berusia 83 tahun ini tetap memilih berkarya di banding lelaki lain seusianya.

Kakek yang berdomisili di daerah Sumberejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, ini setiap hari diantar salah satu putranya menuju Kota Malang. Ia memulai aktivitasnya dari jam 06.00 – 16.00 WIB.

Masa pandemi Covid-19 pun tidak menjadi penghalang baginya untuk menjalani sisa hidup di ujung hari. Luar biasa semangat Kakek Sarmin ini.

“Saya masih kuat menjual hasil ladang sendiri. Bagi saya yang penting halal,” tutur kakek 12 cucu dan ayah 12 anak ini saat ditemui di Jalan Dieng Atas, Kota Malang, Selasa (27/10/2020).

“Penghasilan yang didapat kisaran Rp 100.000,00 -Rp 150.000,00 per hari, sebelum pandemi lebih banyak dari itu” imbuhnya semangat.

Diakuinya, di masa pandemi Covid-19 banyak orang kehilangan pekerjaan. Bahkan tidak punya usaha. Jagat serasa berhenti berputar.

“Meskipun begitu, selama masih sehat dan kuat jangan berhenti berusaha. Pasti ada jalan,” imbuh Kakek Sarmin dalam nada berfatwa.