Twitter Dibeli Elon Musk Rp 634 Triliun, Tunai!

Tak Berkategori

NOTULA – Akhirnya Elon Musk secara resmi membeli Twitter Inc dengan angka 44 miliar dolar AS atau sekitar Rp 634 triliun secara tunai, Senin (25/4/22).

Sebelumnya Musk sempat mengajukan tawaran untuk membeli Twitter sejak pekan lalu. CEO Tesla itu juga merayu secara langsung kepada para pemegang saham raksasa media sosial itu.

Selanjutnya Twitter dan Musk mulai melakukan negosiasi dengan harga 54,20 dolar AS per saham.

Dan pada Senin kemarin, saham Twitter naik 5,7 persen, dan ditutup di harga 51,70 dolar AS. Kesepakatan itu pun mewakili hampir 40 persen premi dari harga penutupan sehari sebelum Musk mengungkapkan bahwa dia telah membeli lebih dari 9 persen saham.

Walau begitu, nilai kesepakatan itu sebenarnya jauh di bawah harga yang pernah ditetapkan Twitter pada tahun lalu, yaitu 70 dolar AS per saham.

“Saya piker, jika perusahaan diberi cukup waktu untuk berubah, kami akan menghasilkan jauh lebih banyak daripada yang ditawarkan Musk saat ini,” kata direktur pelaksana Boyar Value Group, Jonathan Boyar, seperti dikutip dari rmol.id.

Sementara itu Musk sendiri mengaku tidak terlalu peduli pada ekonomi Twitter. Dia menginginkan adanya platform yang dapat digunakan oleh semua orang untuk menyatakan pendapatnya.

“Kebebasan berbicara adalah landasan dari demokrasi yang berfungsi, dan Twitter adalah alun-alun kota digital di mana hal-hal penting bagi masa depan umat manusia diperdebatkan,” ujar Musk.