Totok, Arek Malang Asli Dilantik Jokowi sebagai Anggota Bawaslu

Nasional

NOTULA – Arek Malang asli yang juga mantan wartawan Memorandum Biro Malang, Totok Hariyono, dilantik sebagai anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) oleh Presiden Joko Widodo, di Istana Negara, Selasa (12/4/22).

Alumnus SMA Islam Malang dan IKIP PGRI Malang itu dilantik bersama 7 komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan 4 anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027, Selasa (12/4).

Dengan dilaksanakannya pelantikan penyelenggara Pemilu yang baru untuk lima tahun ke depan, dapat dipastikan tidak ada penundaan Pemilu Serentak 2024 atau yang berkaitan dengan jabatan 3 periode.

Nama-nama yang dilantik menjadi komisioner KPU RI yaitu Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy’ari, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Melaz.

Sementara untuk lima nama anggota Bawaslu RI terpilih, yakni Lolly Suhenty, Puadi, Rahmat Bagja, Totok Hariyono, dan Herwyn Jefler Hielsa Malonda.

Pelantikan komisioner KPU dan anggota Bawaslu 2022-2027 digelar secara terbatas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan ketat, disiarkan secara langsung di channel Youtube Sekretariat Presiden.

Sebelumnya Jokowi mengatakan, tahapan Pemilu 2024 sudah dimulai tahun ini, pertengahan Juni 2022.

Jokowi juga mengatakan, tahapan Pemilu sudah dimulai 20 bulan sebelum pemungutan suara, mengacu pada undang-undang yang berlaku. “Karena memang ketentuan undang-undangnya 20 bulan sebelum pemungutan suara,” ungkapnya.

“Nanti kita perlu bicara dengan KPU-Bawaslu, agar persiapan Pemilu dan Pilkada yang belum pernah punya pengalaman serentak, betul-betul bisa kita persiapkan dengan matang,” jelasnya.