Tito: PPKM Level 3 Dibatalkan Bukan Hal Aneh

Nasional

NOTULA – Dibatalkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 pada hari libur Natal dan tahun baru (Nataru) di seluruh Indonesia bukan hal aneh.

Mendagri Tito Karnavian menyatakan, selama ini penurunan level PPKM kerap berubah-ubah menyesuaikan situasi dan kondisi mutakhir pandemi virus Corona baru (Covid-19).

Pernyataan itu disampaikan Tito Karnavian kepada wartawan, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (7/12/21).

“Seperti sudah disampaikan Pak Luhut, dan ini bukan sesuatu yang aneh. Karena selama ini tiap minggu kita buat perubahan-perubahan, level saja berubah, jadi memang sangat dinamis,” katanya.

Menurut dia, berdasar perkembangan terakhir dari hasil rapat terbatas (Ratas) beberapa waktu lalu di Istana Negara, maka tidak lagi menggunakan istilah PPKM level 3.

Mantan Kapolri itu, seperti dikutip dari rmol.id, menyatakan, istilah PPKM level 3 akan diganti menjadi pembatasan khusus Nataru tetap, diaturnya spesifik.

“Level 3 kan masuk mal 50 persen, kalau pembatasan khusus hasil rapat kemarin 75 persen. Tapi penerapan peduli lindungi, Presiden menyampaikan tidak perlu penyekatan-penyekatan, tapi diperkuat di tempat ruang-ruang publik, itu menggunakan peduli lindungi. Yang vaksin dua kali boleh jalan,” pungkas Tito.