Tito: Police Specialist Conference Sarana Tanggulangi Terorisme

Nasional

NOTULA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyambut baik Police Specialist Conference yang digelar Singapore Police Force (SPF), di Hotel Amara Tanjong Pagar, Singapura, 28 sampai 30 November 2018.

Menurutnya, kegiatan itu bisa menjadi sarana saling tukar menukar informasi bagi seluruh aparat kepolisian seluruh dunia, khususnya cara penaggulangan terorisme di negara masing-masing.

Dikatakan juga, terorisme merupakan salah satu bentuk kejahatan transnasional, sehingga perlu kerja sama internasional dalam penanggulangannya, dan harus terus ditingkatkan.

“Penanggulangannya memerlukan kerja sama yang baik dari seluruh aparat keamanan lintas negara,” ujarnya.

Tito juga mengusulkan agar forum yang dihadiri praktisi dan akademisi kepolisian terkemuka serta perwakilan pasukan khusus dari berbagai negara yang terlibat dalam penanganan terorisme berbagai negara itu rutin dilakukan.

Mantan Kapolda Metro Jaya juga menyempatkan melakukan pertemuan bilateral dengan Sekretaris Senior Parlemen Singapura Amrin Amin. Mereka guna membahas cara memperkuat kerja sama yang telah terbangun antara Polri dan SPF.

“Mempertimbangkan pengalaman dan keberhasilan Polri dalam penanggulangan terorisme, Mr Amrin menekankan perlunya SPF untuk belajar kepada Polri dalam pencegahan dan penanganan terorisme,” ujar Tito, seperti dikutip dari rmol.co.

Undangan untuk Polri pada acara itu, jelas Tito, merupakan apresiasi dan penghargaan atas keberhasilan dan peran penting Polri dalam pemberantasan terorisme global.

Pada forum itu, Kapolri didampingi Wakadensus 88 Anti Teror Polri Brigjen Pol Martinus Hukom dan Karomisinter Divhubinter Polri Brigjen Pol Krishna Murti.