Terekam CCTV, Maling Motor Santai Beraksi di Rumah Kos Jalan Megamendung

Malang Raya, NOT-TV

NOTULA – Waspada, maling motor (Curanmor) makin marak. Kali ini pelaku berlaku tampak sangat professional, tenang dan santai menggondol motor curiannya dari salah satu rumah kos di Jalan Megamendung, Kota Malang. Aksinya terekam kamera CCTV.

Padahal aksi pelaku memakan waktu hingga lima menit. Harus melewati pagar besi, banyak kamar kos, dan garasi yang terkunci. Namun dia tampak melakukannya dengan santai. Termasuk membawa motor curian dan kabur melewati pagar besi.

Berdasar rekaman di CCTV, suasana petang atau malam, pelaku nampak datang di lokasi yang menjadi target dengan berboncengan, dengan mudah melintasi pagar depan, lalu berjalan wajar melintasi deretan kamar kos, lalu masuk garasi yang terkunci.

Setelah berhasil masuk garasi, beberapa saat lamanya akhirnya keluar dengan menuntut satu unit motor, yang belakangan diketahui milik salah satu mahasiswa asal Kupang yang kos di rumah itu. Sangat santai, seperti menuntun motor milik sendiri.

Berdasar laporan polisi, aksi itu diperkirakan terjadi pada Sabtu, 16 Januari 2021, sekitar pukul 20.00 WIB petang, saat sebagian besar penghuni kos, termasuk bapak kos yang biasa rajin mengawasi monitor CCTV, tengah menjalankan ibadah shalat.

Dengan mudahnya pelaku raib membawa motor curiannya, setelah berhasil keluar pagar rumah yang memang terbuka. Berdasar rekaman CCTV pula, pelaku diduga dua orang, berboncengan. Saat salah satu beraksi, satunya menunggu di motor.

Ironisnya, korban, Steevan Umbu Kawau, yang beralamat di Jalan Amabi, Kota Kupang, baru tahu dua jam setelah motornya hilang. Dan baru siang keesokan harinya, Minggu (17/1/21), dia melapor ke Mapolresta Malang.