Teknik Menanam Kokedama, Apa Itu?

Ekbis

NOTULA – Kini ada teknik menanam baru untuk tanaman hias di dalam rumah. Namanya Kokedama.

Kokedama merupakan teknik menanam tanaman dengan bentuk seperti bola. “Koke artinya lumut, dama itu bola,” kata Dwi Lili Indayani, pengrajin dan pengusaha Kokedama di Kota Batu.

Di temui di Creative Kokedama, Jalan Patimura No 82, Temas, Kota Batu, Lili -panggilan akrabnya- mengatakan, teknik ini berasal dari Jepang, namanya bola lumut. Tapi dia berhasil mengkreasikan teknik kokedama menggunakan serabut kelapa.

Keunikan Kokedama ini, bentuknya bulat, berbahan serabut yang membungkus tanah, sehingga tanahnya tidak keluar dan bisa jadi hiasan di dalam rumah.

“Untuk yang takut cacing tanah, ini juga bisa jadi solusi,” tukas Lili.

Menurutnya, tanaman yang bisa dijadikan Kokedama hanya 80 persen saja. “Menyesuaikan ukuran. Tekniknya sendiri dari tanaman-tanaman bonsai atau kerdil, dan tanaman yang ukurannya kecil,” tuturnya.

Dia juga mengatakan, mayoritas jenis tanaman yang dicari saat ini adalah Monstera. Diakui, tren tanaman sering berubah-ubah, sebab itu dia terus mengikuti perkembangan.

Harga satu kreasi Kokedama untuk souvenir dibandrol Rp 35 ribu ukuran S (kecil). Tapi untuk tanaman hias yang lain dengan ukuran S mulai Rp 55 ribu sampai Rp 2 juta, dengan jenis tanaman Monstera dan isi lebih dari tiga.