Tanggapi Statemen Ridwan Kamil, Mahfud MD: Saya Bertanggung Jawab

Nasional

NOTULA – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang meminta agar Menko Polhukam Mahfud MD bertanggung jawab atas kerumunan yang dilakukan Habib Rizieq Shihab (HRS), di Jakarta dan Jawa Barat, langsung ditanggapi.

Melalui akun Twitter pribadinya, Mahfud menyatakan siap bertanggung jawab atas diskresi penjemputan Habib Rizieq yang dia lakukan, sebagaimana disampaikan Ridwan Kamil.

‘Siap, Kang RK (Ridwan Kamil). Saya bertanggung jawab. Saya yang umumkan HRS diizinkan pulang ke Indonesia karena dia punya hak hukum untuk pulang,” tegasnya, Rabu (16/12/20), seperti dikutip dari RMOL.id.

Dia juga mengakui bahwa dia yang mengumumkan Habib Rizieq boleh dijemput. Tapi izin itu harus disertai dengan tertib dan tidak melanggar protokol kesehatan. “Saya juga yang minta HRS diantar sampai ke Petamburan,” tegasnya.

Baca Juga :

a
Menurutnya, diskresi pemerintah diberikan untuk penjemputan, pengamanan, dan pengantaran dari bandara sampai ke Petamburan. Proses penjemputannya, kata Mahfud, sudah berjalan tertib, sampai HRS benar-benar tiba di Petamburan, sore hari.

“Tapi acara pada malam dan hari-hari berikutnya yang menimbulkan kerumunan orang, sudah di luar diskresi yang saya umumkan,” katanya.