Tak Perlu Debat KKB atau OPM, yang Penting Sikat Dulu

Nasional

NOTULA – Belakangan mengemuka perdebatan soal siapa dalang dari pembantaian di Nduga, Papua, yang menewaskan puluhan pekerja PT Istaka Karya, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau Organisasi Papua Merdeka (OPM). Itu dinilai tidak penting.

Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo, kepada wartawan di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (5/12), berpendapat, yang penting disikat dulu.

“Menurut saya tidak perlu perdebatan apakah itu KKB maupun OPM, yang penting sikat dulu aja,” tegas Bamsoet, sapaan akrabnya.

Menyikapi tindakan brutal yang tidak manusiawi itu, sambung dia, mesti dilakukan tindakan tegas, gak usah memperdebatkan hal-hal yang tidak penting.

“Ini suatu tindakan brutal, penindasan atas nama kemanusiaan. Enggak perlu terjebak dalam perdebatan OPM atau KKB,” katanya lagi.

Politisi Golkar itu juga mendesak TNI dan Polri untuk memfokuskan pengejaran dan perburuan hingga menyeret pelaku ke ranah hukum.

“Jadi menurut saya TNI-Polri harus fokus pada perburuan pelaku kejahatan itu dan menyeretnya ke pengadilan. Jika ada perlawanan hadapi dengan tegas,” katanya.