Tahun Baru, Ketua Satgas Covis-19 Perintahkan Daerah Aktifkan Posko

Kesehatan, Nasional

NOTULA – Antisipati menghadapi potensi lonjakan kasus aktif Covid-19 pada pergantian tahun baru 2021, Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo, memerintahkan Satgas di daerah kembali mengaktifkan Posko Covid-19.

“Menjelang tahun baru ini, aktifkan kembali Posko-posko di seluruh kabupaten/kota,” tegas Doni, dalam siaran pers yang diterima redaksi, Selasa (29/12/20).

Pada implementasinya, dia memastikan posko diisi sejumlah petugas gabungan, seperti unsur TNI, Polri, BIN, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan instansi terkait lainnya.

Melalui Posko itu, Doni berharap informasi dari masyarakat terkait pelanggaran protokol kesehatan 3M yaitu mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dan menjaga jarak menghindari kerumunan, dapat ditindak dan ditangani cepat.

Dia juga mengatakan, fungsi lain dari pada Posko itu juga untuk melayani masyarakat dalam keadaan darurat kesehatan. “Setiap Posko isinya ada TNI/Polri, unsur BIN, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan sebagainya,” katanya.

“Dengan begitu, ketika ada informasi dari masyarakat bisa segera melakukan upaya untuk melakukan penanganan,” imbuhnya.