NOTULA – Kini heboh video viral dan foto penggerebekan sebuah ruangan berisi surat suara Pemilu 2019 yang sudah tercoblos di Malaysia. Dalam video itu disebutkan, tempat kejadian di Bandar Baru Bangi, Selangor, Malaysia.

Tampak dalam gambar, banyak surat suara yang sudah dicoblos dan dikumpulkan di dalam ruko yang tidak berpenghuni.

Pada foto-foto yang beredar, surat suara caleg DPR RI yang telah tercoblos yakni Partai Nasdem nomor 2 atas nama Davin Kirana, yang merupakan putra dari Duta Besar RI untuk Malaysia, Rusdi Kirana.

Sedang untuk kertas surat suara Pilpres, yang sudah tercoblos adalah pasangan calon nomor 01, Joko Widodo-Maruf Amin.

Saat ditanya kebenaran video dan foto itu, seperti dikutip dari rmol.co, Ketua Kelompok Kerja Panitia Pemilihan Umum di Luar Negeri (PPLN), Wajid Fauzi, mengaku berjanji akan melacak kebenaran kertas surat suara tercoblos Malaysia itu.

“Saya sudah minta PPLN Kuala Lumpur segera melacak, dan jika benar agar segera ambil langkah dan tindakan sesuai ketentuan,” kata Wajid Fauzi, saat dihubungi, Kamis (11/4).

Sebelumnya, anggota Bawaslu, Fritz Edward Siregar, membenarkan video viral surat suara Pemilu 2019 yang sudah tercoblos di Malaysia. Bawaslu meminta KPU untuk menghentikan sementara semua proses Pemilu di Malaysia.

Penghentian semua proses Pemilu di Malaysia dilakukan sampai KPU mampu menjelaskan bagaimana tata cara prosedur yang dilakukan PPLN di sana. Selanjutnya, harus diungkap siapa dalang pencoblosan surat suara itu.