Stan Lee, Komikus Spider Man Stan Lee Tutup Usia

Hiburan, Selebriti

NOTULA – Apresiasi dan tribut mengalir untuk penulis legendaris, editor dan penerbit, Stan Lee, yang tutup usia pada 95 tahun, Senin (12/11), di Cedars-Sinai Medical Center, Los Angeles.

Penerbit Marvel Comics ‘jenius kreatif’ sela ini dikenal sebagai yang menghidupkan karakter ikonik, termasuk Spider-Man, X-Men, Thor, Iron Man, Black Panther, dan Fantastic Four.

Penyebab kematian Lee belum diketahui, meskipun ia telah menderita beberapa penyakit selama setahun terakhir, termasuk pneumonia.

Bintang-bintang Marvel dan tokoh-tokoh Hollywood terkenal pun membagikan kenangan mereka dan memberi penghormatan kepada legenda buku komik tersebut.

Salah satunya Jennifer Garner yang bermain di film aksi lewat ‘Daredevil’ dan ‘Elektra’.

“Kamu membuat pahlawan-pahlawan wanita, aku bersyukur menjadi salah satu dari mereka. Terima Kasih, #StanLee. RIP #Daredevil  #elektra #mostcreativekindestgenteman,” tulis Jenifer melalui akun Instagram pribadinya disertai emotion bersyukur.

“Berapa juta dari kita berhutang budi kepada orang ini, tidak lebih dari saya. Ayah dari Marvel telah membuat begitu banyak orang sangat bahagia. Sungguh kehidupan dan apa yang telah dicapai. Istirahat dalam damai Stan,” tulis caption foto Tom Holland bersama Stand.

Lee lahir dengan nama lengkap Stanley Martin Lieber di Upper West Side Manhattan pada tahun 1922, Lee memulai karirnya di komik pada tahun 1939. Usianya ketika itu 17 tahun sebagai asisten di Timely Comics, yang kemudian berevolusi menjadi Marvel Comics.

Ia diangkat sebagai editor majalah pada tahun 1941 dan memegang posisi sampai 1972, ketika ia menjadi penerbit.

Pada akhir tahun 50an, bosan dengan output perusahaan dan tanpa kehilangan apa-apa, dia mulai bereksperimen dengan gaya baru para pahlawan super yang lebih manusiawi dan cacat.

Lee menciptakan karakter yang tak terhitung jumlahnya selama bertahun-tahun bekerja di komik.

Kelompok superhero pertama yang ia impikan (bersama artis Jack Kirby) adalah Fantastic Four – Mister Fantastic, Invisible Woman, Human Torch and Thing.

Mengikuti kesuksesan itu, Lee dan Marvel memperkenalkan dunia kepada Spider-Man yang sangat populer, Hulk, Iron Man, Thor, X-Men dan Daredevil dalam ledakan singkat antara 1961 dan 1964.

Masa kanak-kanak Lee ditandai dengan depresi besar. Dalam otobiografi 2002-nya Excelsior !, Lee menggambarkan bagaimana perjuangan ayahnya untuk menemukan pekerjaan tetap telah selamanya  mempengaruhi dirinya.

“Ini adalah perasaan bahwa hal yang paling penting bagi seorang pria untuk dilakukan adalah memiliki pekerjaan yang harus dilakukan, sibuk, menjadi dibutuhkan,” tulisnya, seperti dikutip dari rmol.co.