NOTULA – Dalam rangka pembinaan menyambut Lomba Karang Werdha Berprestasi 2019, Wakil Walikota Malang, H Sofyan Edi Jarwoko memotivasi pada para Lansia (lanjut usia) di Aula Kelurahan Kedungkandang, Kamis (3/10).

Sofyan Edi yang juga Ketua Komda Lansia Kota Malang itu meminta para lansia terus menanamkan perasaan bahagia dan penuh semangat menjalani hari-hari.

“Dengan terus gembira,  bahagia dan semangat, kita akan selalu sehat, baik lahir maupun batin,”pesan alumnus SMA Negeri 3 Malang yang akrab disapa Sofyed itu, sembari berharap para Lansia bisa hidup sehat dan mendapat fasilitas kesehatan memadai, terus berkarya dan berprestasi.

“Besar harapan saya agar kita bisa mewujudkan Malang sebagai kota ramah Lansia. Semua itu harus kita mulai dari lingkungan keluarga dan di tingkat kelurahan,” katanya.

Pembangunan nasional yang bertujuan mewujudkan masyarakat adil makmur berdasar Pancasila dan UUD 45, menghasilkan kondisi sosial yang membaik, dan usia harapan hidup semakin meningkat, sehingga jumlah Lansia bertambah.

Banyak lanjut usia yang makin produktif dan mampu berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Tapi karena faktor usia, tentu menghadapi keterbatasan, sehingga perlu bantuan peningkatan kesejahteraan sosialnya.

Upaya peningkatan kesejahteraan sosial bagi lanjut usia pada hakekatnya merupakan implementasi nilai-nilai keagamaan dan budaya bangsa.

Sementara itu, Ketua Forum Karang Werdha, Sulastri, mengatakan, saat ini angka harapan hidup di Kota Malang makin tinggi, sehingga jumlah Lansia pun makin banyak.

“Fenomena itu patut kita syukuri, itu menunjukkan Lansia di Kota Malang hidup sehat dan produktif, kesehariannya diisi dengan hal-hal positif dan menghasilkan karya,” katanya.

Wakil Walikota juga meninjau Taman Lansia di Kawasan Wisata Rolak, di wilayah Kedungkandang.