NOTULA – Hingga kini Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) ternyata masih menunggu hasil investigasi pihak keamanan Malaysia, terkait skandal surat suara dicoblos untuk Paslon 01 dan Caleg Nasdem.

Keterangan itu disampaikan tim Asistensi Bidang Hukum Bawaslu, Bachtiar Baital, kepada wartawan, di Citywalk Sudirman, Jakarta, Minggu (14/4).

“Kami masih menunggu, masih tahap forensik. Jadi kita tunggu mekanisme itu,” kata Baital.

Dikatakan juga, pihaknya telah mengupayakan segera menuntaskan skandal itu, tapi proses investigasi menyangkut otoritas negara terkait, Malaysia.

“Sebenarnya bukan dilarang, tapi itu kan sudah memasuki ranah polisi Malaysia. Ya kita menghargai itu,” jelasnya, seperti dikutip dari rmol.co.

Baital juga menegaskan, pihaknya telah mengirim tim forensik untuk melacak dan segera menuntaskan dugaan kecurangan Pemilu itu. Terlebih, kata dia, pihak keamanan Malaysia juga tengah mengidentifikasinya.

“Mereka (pihak kemanan Malaysia) kan sedang melokalisir pelaku-pelakunya. Kami sudah mengirim tim forensik. Ini yang akan mengidentifikasi siapa-siapanya, kan gitu,” Baital balik bertanya.