Soal Pinjol, OJK Harus Tiru Kerja Cepat Polisi

Ekonomi

NOTULA – Warga negara asing (WNA) asal China yang diduga pemodal sekaligus otak keberadaan pinjaman online (Pinjol) ilegal di Indonesia berhasil diringkus polisi. Kerja cepat kepolisian itu menuai apresiasi dari wakil rakyat di Senayan.

Salah satu anggota DPR RI, Wihadi Wiyanto, secara khusus memberi apresiasi atas kinerja Polri yang sigap atas kasus maraknya Pinjol ilegal.

“Saya mengapresiasi langkah cepat Polri yang secara cepat dapat mengungkap, bahwa di balik Pinjol ini adalah WNA,” kata Wihadi kepada wartawan, Kamis (11/11/21).

Menurutnya, gerak cepat Polri itu patut ditiru Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam membongkar praktik Pinjol ilegal.

Harusnya, kata dia seperti dikutip dari rmol.id, OJK rajin melakukan sosialisasi agar masyarakat tidak menjadi korban Pinjol lagi.

“Di sinilah yang kita tunggu, satu kejelasan terhadap langkah-langkah OJK terhadap Pinjol. OJK harusnya memberikan protect (perlindungan) kepada masyarakat melalui sosialisasi bahaya Pinjol illegal ini,” lanjutnya.

Sementara itu, seorang WNA asal China ditangkap Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri lantaran menjadi pemodal pinjol ilegal di Indonesia.

WNA itu diduga menjadi otak dari pendirian Koperasi Simpan Pinjam (KSP) yang menaungi sejumlah pinjol ilegal.