Soal Izin Meikarta, KPK Periksa Menteri Tjahjo Kumolo

Nasional

NOTULA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, yang namanya diseret ke dalam skandal perizinan Meikarta.

Nama Tjahjo disebut Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin, dalam persidangan di PN Bandung, Jawa Barat. Neneng mengakui ada perintah dari Tjahjo untuk membantu menyelesaikan pengelolaan izin proyek bergengsi Lippo Group itu.

“Hari ini Tjahjo Kumolo dijadwalkan diperiksa sebagai saksi untuk NHY,” kata juru bicara KPK, Febri Diansyah, seperti dikutip dari rmol.co, Jumat (25/1).

Dalam perkara ini KPK telah menetapkan sembilan orang sebagai tersangka, terdiri dari unsur pejabat dan PNS di Bekasi, serta pihak swasta.

Di antara mereka ada Bupati Bekasi, Neneng Hasanah; Kepala Kantor PUPR Bekasi, Jamaludin; Kepala Damkar Bekasi, Sahat MBJ Nahor; Kepala DPMPTSP Bekasi, Dewi Tisnawati; dan Kepala Departemen Tata Ruang PUPR Bekasi, Neneng Rahmi.

Untuk sektor swasta, Direktur Operasional Grup Lippo Billy Sindoro; konsultan Lippo Group Taryadi dan Fitra Djaja Purnama, serta karyawan Lippo Group Henry Jasmen.

Empat tersangka unsur swasta saat ini tengah dalam tahap penuntutan dan sedang diadili di Pengadilan Tipikor Bandung, Jawa Barat.