Soal E-KTP Dijualbelikan Bebas, Dirjen Dukcapil Beri Instruksi Khusus

Nasional

NOTULA – Menyusul KTP elektronik (E-KTP) yang dijual bebas di pasaran hingga ditemukannya ribuan keping E-KTP di berbagai daerah, Dirjen Dukcapil Kemendagri memberi instruksi khusus kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di seluruh Indonesia.

“Tolong semua segera untuk mengkonsolidasikan diri,” kata Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh, dalam keterangannya, Minggu (9/12).

Dia meminta seluruh Kadisdukcapil tetap solid dan waspada. Empat instruksi yang disampaikan, pertama, pengecekan blangko E-KTP yang baru, yang terpakai, rusak, dan sisa blangko yang ada. Zudan meminta blangko itu dijaga dan diamankan.

Kedua, pengecekan KTP elektronik yang sudah jadi tetapi belum didistribusikan agar segera didistribusikan. Ketiga, pengecekan KTP elektronik yang rusak, segera dipotong dan simpan yang rapi. Terakhir, waspadai pungli dan calo.

Zudan Arif Fakrulloh juga menuturkan, untuk mengantisipasi agar tidak terjadi hal-hal serupa, Kadisdukcapil diimbau memberikan arahan kepada staf-stafnya.

“Antisipasi agar tidak terjadi lagi. Hari Senin besok (hari ini), semua staf Disdukcapil agar dibriefing saat apel atau melalui rapat,” pungkasnya.