Soal E-KTP, Baidowi: Ini Sabotase atau Teledor?

Nasional

NOTULA – Kementerian Dalam Negeri didesak segera melakukan identifikasi terkait ditemukannya ribuan Kartu Tanda Penduduk elektronik (E-KTP) di sejumlah tempat.

“Harus ada audit internal di lingkungan Kemendagri terkait kasus ini. Apalagi ini bukan pertama kalinya,” tegas anggota Komisi II DPR RI, Achmad Baidowi, kepada redaksi di Jakarta, Senin (10/12).

Dia merasa ada keanehan dengan temuan ribuan E-KTP yang kerap terjadi, berulang-ulang di sejumlah tempat. “Ini sabotase atau keteledoran?” dia balik bertanya.

Wasekjen PPP ini juga mengatakan, apakah ribuan E-KTP yang tercecer itu sudah kadaluarsa atau bagaiman, kementerian terkait harus memastikan.

“Pastikan juga status E-KTP itu, apakah masih berlaku atau invalid. Sebab, bisa saja E-KTP sudah diganti, dan yang lama tidak dihanguskan,” kata Baidowi.

Sebab itu Komisi II berencana memanggil Mendagri Tjahjo Kumolo, untuk mencari tahu dan menyelesaikan persoalan tersebut.

“Komisi II DPR segera mengundang Mendagri untuk membahas persoalan ini. Bahkan, meski di masa reses pemanggilan bisa saja kami lakukan, mengingat pentingnya masalah ini,” pungkasnya.