Soal Calon Kapolri, DPR Belum Terima Surat Presiden

Nasional

NOTULA – Saat ini sudah mendekat pertengahan Januari, tapi DPR RI mengaku belum menerima surat presiden (Surpres) terkait calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis.

Kepastian itu disampaikan Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, kepada wartawan, sesaat sebelum mengikuti Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan III untuk tahun sidang 2020-2021, di gedung parlemen, Senin (11/1/21).

“Jadi sampai hari ini DPR belum menerima surat dari presiden mengenai siapa calon Kapolri,” kata Sufmi Dasco.

Menurut Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu, pihaknya belum bisa berkomentar banyak, karena DPR saat ini masih dalam kapasitas menunggu Surpres dari Presiden Joko Widodo terkait calon Kapolri.

“Tentunya kami dalam posisi menunggu saja, dan apabila surat tersebut sudah sampai, tentunya kami lakukan proses sesuai mekanisme yang berlaku,” tukasnya, seperti dikutip dari RMOL.id.

Dia menyakini presiden sudah berhitung mengenai persyaratan, bahwa Surpres harus masuk sebelum batas waktu Kapolri yang sekarang ini pensiun.

“Jadi, tentunya surat itu akan datang sebelum masa batas jatuh temponya. Mari kita tunggu saja,” pinta Sufmi Dasco.

Diberitakan sebelumnya, beberapa hari lalu Kapolri Jenderal Idham Azis sudah menyurati Presiden Joko Widodo terkait pengganti dirinya. Mengingat 1 Februari dia sudah memasuki masa purnabakti.