Smartfren Berbagi Kuota untuk Siswa dan Guru

Pendidikan, Tekno

NOTULA – Operator seluler Smartfren sudah menyalurkan kuota dan kartu perdana gratis untuk siswa, guru, mahasiswa dan dosen, di seluruh wilayah Indonesia.

Demikian dikemukakan Deputy CEO Mobilty Smartfren, Sukaca Purwokardjono, seperti dikutip dari situs resmi operator itu, pekan lalu.

“Smartfren sangat mendukung program pemerintah untuk pembelajaran online dan yakin jaringan serratus persen 4G sangat memudahkan pelajar dan tenaga pengajar melakukan proses pembelajaran online,” katanya.

Sementara itu, Erna Prasetyowati, Kepala Sekolah SDN Pakal 1 Surabaya, penerima bantuan, mengatakan, permasalahan utama memang ketersediaan kuota internet dan gadget (smartphone).

“Saya bersyukur ada kebijakan pemerintah untuk bantuan kuota belajar, kebetulan Smartfren datang membantu kebutuhan siswa, karena banyak guru di sini menggunakan Smartfren, dan pembelajaran menjadi lebih mudah,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Isti Chomah Wati, Kepala Sekolah SMPN 1 Rembang, Jateng. “Bantuan sarana belajar online membantu anak-anak dan membuka peluang kelangsungan dan kelancaran belajar online tanpa hambatan,” tutur Isti.

Anasya Fazira, Siswi SMK Al Hasra, Depok, Jabar, mengatakan, “Saya senang, karena dapat kuota gratis dan sekarang tidak perlu menyisihkan uang saku untuk beli kuota.”

Sesuai ketentuan dari Kemendikbud, kuota dari pemerintah dibagi dua, kuota belajar yang hanya bisa dipakai untuk akses situs dan aplikasi yang ditetapkan pemerintah, serta kuota umum yang bisa akses ke semua aplikasi.

Untuk kuota belajar dapat dicek melalui http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id