Setelah 71 Hari Cuti, HM Sanusi Kembali Jabat Bupati Malang

Malang Raya

NOTULA – Setelah 71 hari melepas jabatan karena mengikuti masa kampanye Pilkada, Sabtu (5/12/20), Drs HM Sanusi MM kembali menjabat sebagai Bupati Malang, ditandai serah terima jabatan, dipimpin Gubernur Jatim, Hj Khofifah Indar Parawansa, di Grahadi, Surabaya.

Sertijab kali ini bersamaan dengan beberapa daerah yang kepala daerahnya juga cuti kampanye, di antaranya Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Blitar, Walikota Blitar dan Walikota Pasuruan.

Bupati Malang HM Sanusi, Gubernur Khofifah dan Sjaichul Ghulam. (Foto: Humas Pemkab Malang untuk notulanews)

Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengucapkan terimakasih kepada seluruh pejabat sementara, termasuk Pjs Bupati Malang, Sjaichul Ghulam.

“Insya Allah seluruh penjabat sementara telah mengawal proses sebagai pejabat sementara dengan baik, mudah-mudahan sebagai proses mediasi perjalanan demokrasi di Jawa Timur ini juga dicatat dengan baik,” harapnya.

Dia juga mengatakan, saat ini tugas kepala daerah kembali menjadi pemilik mandat. ” Kepada bupati dari Malang, Blitar, Trenggalek dan Mojokerto, pesan saya ada 12 item yang oleh KPU Pusat terus-menerus disampaikan kita semua, Intinya semua penyelenggaraan harus taat protokol kesehatan dan aturan, jangan ada kluster Pilkada. Kita harus menjamin Pilkada berjalan damai dan kondusif,” ungkapnya.

Khofifah menambahkan, pesan-pesan itu terus disampaikan kepada seluruh elemen strategi yang ada di lingkungan kabupaten maupun kota penyelenggaraan Pilkada. “Kalau ada kekhawatiran masyarakat datang ke TPS akan tertular, maka harus diedukasi dan pelaksanaannya mengutamakan protokol kesehatan ketat,” pintanya.

Ikut mendampingi prosesi serah terima jabatan Bupati Malang, diantaranya pejabat Sekretaris Daerah Dr Ir Wahyu Hidayat MM dan Kabag Humas Protokol Setda Kabupaten Malang, M Nur Fuad Fauzi.