Semeru Erupsi, Khofifah Minta Warga Waspada

Nasional

NOTULA – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, membenarkan terjadi erupsi Gunung Semeru. Dia mengaku mendapat video yang menggambarkan erupsi itu melalui aplikasi pesan singkat.

“Saya terima video serupa dari Bupati Lumajang, BPBD dan masyarakat sekitar,” jelas Khofifah dalam akun Instagramnya, Sabtu (4/12/21) sore.

Menurutnya, saat ini memang sedang terjadi peningkatan aktivitas Gunung Semeru. Dia mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan siaga mengahadapi bencana alam itu.

“Mohon masyarakat terdekat dapat mengevakuasi didi, agar aman selamat,” pesannya.

Khofifah juga memastikan, saat ini jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di tingkat provinsi dan kabupaten sudah turun ke lapangan.

Warga Berhamburan

Sementara itu, sebuah video amatir yang beredar di masyarakat, menggambarkan warga di salah satu desa di Lumajang, Jawa Timur, tampak panik.

Rekaman warga sekitar itu dibagikan oleh sejumlah pengguna Twitter.

Pada video itu nampak seorang warga menaiki motor menghindari abu vulkanik semburan Semeru yang mengarah ke pemukiman warga.

Pada bagian lain, puluhan warga di sekitar situ juga berlari menjauh dari pemukiman, karena khawatir abu vulkanik yang semburannya cukup tinggi itu menerjang wilayahnya.

Video lainnya memperlihatkan kepanikan warga melihat abu vukanik yang seperti ombak besar mengarah tepat ke sekitar pemukiman mereka.

Video itu menggambarkan banyak anak laki-laki mengenakan baju koko dan peci serta anak perempuan mengenakan jilbab berlarian ke luar rumah.

Seorang laki-laki yang merekam kejadian itu menyebut-nyebut nama Allah dan beristighfar.