Satgas Mafia Pengaturan Skor Dipantau Kapolri Langsung

Nasional

NOTULA – Keprihatinan menghinggapi Kapolri Jenderal Tito Karnavian terhadap persepakbolaan Indonesia yang diduga telah dikendalikan para mafia. Dia berencana membentuk satuan tugas (Satgas) khusus untuk memberantas praktik itu.

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, mengatakan, Satgas ini nantinya akan bekerja sama dengan induk sepakbola Indonesia, PSSI. Satgas, sambungnya, akan dipantau atau ditangani langsung oleh Kapolri.

“Satgas itu langsung dikendalikan bapak Kapolri sendiri. Termasuk personel-personelnya akan dipilih dan memilih kualifikasi di bidang penyidikan,” kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (20/12).

Dalam satgas terserbut, kata Dedi, akan ada sub Satgas yang bertugas melakukan investigasi dan penyelidikan di setiap pertandingan bersama PSSI. Mulai dari official, wasit, hingga keseluruhan pemain.

Kemudian, lanjut Dedi, ada sub Satgas penyidikan kasus dari sisi hukum pidana.

“Fakta hukum yang diketemukan apa misalnya ini satu unsur tidak pidana penipuan pasal 378, kita terapkan pidana umum kalau misalnya ini penyuapan kita terapkan UU 11/1998 barang siapa yang memberikan suap atau menerima suap akan kena,” ujar Dedi mencontohkan.

Mantan Wakapolda Kalimantan Tengah ini menambahkan, satgas akan segera dibentuk sebelum jadwal Liga 1 Indonesia tahun 2019 mulai bergulir.

“Begitu liga berjalan satgas langsung running,” pungkasnya, seperti dikutip dari rmol.co.