Sambangi KPK di Hari Ibu, Emak-emak Percaya KPK Usut Dugaan Korupsi PCR

Nasional

NOTULA – Mengatasnamakan Aliansi Rakyat Menggugat (ARM), puluhan emak-emak berunjuk rasa di Gedung KPK. Mereka percaya Lembaga antirasuah itu bisa menyelesaikan dan menuntaskan berbagai kasus korupsi yang ada.

Presidium ARM, Ida Nurhaida, menyampaikan hal itu saat menggelar aksi unjuk rasa yang digelar bertepatan dengan peringatan Hari Ibu, Rabu sore (22/12/21).

“Kami percaya, dan kami akan percaya jika memang benar-benar mereka transparan,” jelas Ida, saat ditemui di lokasi unjuk rasa.

Ida juga berorasi dan menyampaikan lima tuntutan kepada KPK, yakni meminta agar pihak-pihak yang terlibat dalam bisnis PCR diproses secara tegas dan transparan. KPK juga diminta mengusut tuntas dugaan gratifikasi miliaran rupiah yang terindikasi melibatkan presiden dan putra presiden.

Mereka juga meminta KPK menyelesaikan kasus-kasus besar seperti BLBI, Jiwasraya, Bansos, Asabri dan lainnya.

ARM juga meminta agar marwah KPK yang independen dikembalikan, dan terakhir meminta agar KPK dibersihkan dari oknum-oknum yang bersekongkol dengan rezim yang mempunyai tujuan merampok negara.

“Jadi ini suara ibu-ibu semua yang memang sudah sangat muak, sangat gemas dengan rezim ini,” tegas Ida, seperti dikutip dari rmol.id.

Dalam aksinya, emak-emak itu membawa spanduk, poster, hingga mobil komando. Berbagai macam tuntutan tercantum di dalam spanduk maupun poster yang mereka bawa.

Beberapa tulisan yang tercantum di atribut aksi di antaranya “Dikasih Makan Rakyat Bukan untuk Arogan”, “Negara Ini Dibangun Bukan untuk Komplotan Maling”, dan “Cabut Darurat Pandemi”.

Ada juga “Kembalikan Tanah Rakyat. Aset BUMN Harus Jadi Milik Negara”, “Hukum Mati Koruptor. Korupsi Musuh Rakyat dan Alam Semesta”, “Dilarang Keras Bisnisi Rakyat. PCR=Papi Cari Rupiah. Pecat Pejabat Negara yang Terlibat Bisnis Test PCR/Antigen”, dan sebagainya.

Sebelumnya mereka juga sudah menggelar aksi di sejumlah tempat, salah satunya depan Kedutaan Besar (Kedubes) China, Kuningan, Jakarta Selatan.