RR: Mr Presiden, Who You Are Working For?

Nasional

NOTULA – Kebijakan impor pangan dan kebutuhan pokok lainnya di era pemerintahan Presiden Joko Widodo dinilai telah membuat resah para petani.

Pernyataan itu diungkapkan ekonom senior, Dr Rizal Ramli (RR), dalam diskusi publik bertajuk “Jokowi Raja Impor?” di kantor Menteng, Jakarta, Selasa (29/1).

“Pertanyaan saya kepada Presiden Mas Jokowi, Mr President, who you are working for? Anda bekerja untuk siapa?” tanya RR, sapaan akrabnya.

RR mengaku, dia melihat, sejak Pilpres 2014, Jokowi selalu menggembar-gemborkan soal kedaulatan pangan. Kenyataanya, selama empat tahun memimpin, sangat berbanding terbalik. Pemerintah justru sering impor.

“Apakah anda bekerja buat petani Taiwan, petani Vietnam, pengusaha garam Australia?” RR kembali bertanya, seperti dikutip dari rmol.co.

Menko Perekonomian era Presiden Gus Dur ini juga mengatakan, kedaulatan pangan yang dihembuskan Jokowi hanya retorika dan slogan kampanye saja.

“Jadi Pak Presiden tidak perlu lagi pidato soal kedaulatan pangan, karena jiwanya tidak bersama rakyat. Karena ini masalah jiwa,” pungkas RR.

Pembicara lain dalam diksusi ini: Azam Azman Natawijana (DPR RI), Alamsyah Saragih (Komisioner Ombudsman), dan Drajat Wibowo (Waketum PAN). Juga ada Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Amien Rais.