Ribuan E-KTP Tercecer, Pimpinan DPR Minta Komisi II Segera Panggil Mendagri

Nasional

NOTULA – Ditemukannya 2.158 kartu tanda penduduk berbasis elektronik (E-KTP) di Kampung Bojong Rangkong Rt 03 Rw 011 Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, mendapat perhatian serius pimpinan DPR.

Ketua DPR, Bambang Soesatyo, mengatakan, Komisi II DPR RI telah didorong meminta penjelasan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo terkait temuan ribuan E-KTP tersebut.

“Kami, pimpinan DPR, sudah meminta dan mendorong Komisi II untuk minta kejelasan kepada Mendagri terkait bercecernya sejumlah kartu e-KTP di Pondok Kopi,” kata Bamsoet kepada wartawan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, (9/12).

Penjelasan Mendagri dibutuhkan, karena ia ingat sebelumnya juga ditemukan ribuan blanko E- KTP dijual bebas di pasaran.

“Bercecernya e-KTP tidak hanya di Duren Sawit, sebelumnya kan banyak juga di beberapa tempat,” kata Bamsoet, seperti dikutip dari rmol.co.

Menurut Bambang, bukan hanya Mendagri yang harus dipanggil Komisi II tapi juga pihak-pihak terkait lainnya dengan persoalan ini.

“Ini harus menjadi perhatian serius kami sedang meminta komisi II untuk memanggil pihak-pihak terkait, termasuk juga pengada e-KTP agar tidak dipolitisasi,” tandasnya.