Reuni 212, Prabowo: Saya Bangga – Anis: Insya Allah Semua Janji Kita Tuntaskan

Nasional

NOTULA – Jutaan umat Islam yang mengikuti Reuni 212, Minggu (2/12), kembali membuktikan kepada dunia bahwa meski jumlahnya cukup banyak, mereka mampu tertib dan displin serta menjaga tetap menjaga kondusifitas hingga acara tuntas.

Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, yang turut menghadiri acara di Lapangan Monas itupun mengaku sangat bangga.

Prabowo sama sekali tidak bicara politik. Ia hanya mengungkapkan kebanggaannya sebagai muslim. “Saya bangga dengan umat Islam Indonesia, tertib, damai dan luar biasa. Saya bangga menjadi muslim Indoensia,” tuturnya, dari atas panggung utama.

Dia juga menegaskan, Reuni 212 terbukti bukan untuk memecah belah NKRI. “Hari ini (acara) kita dihadiri kawan-kawan dari agama lain, suku lain. Saya bangga, muslim Indonesia menjaga persatuan dan kedamaian. Luar biasa, saya bangga diundang diundang di acara ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang mendapat kesempatan pertama menyampaikan pidato, menyatakan selamat dating kepada peserta Reuni 212 dari berbagai penjuru tanah air.

Dia pun mengulas janji-janjinya memimpin Jakarta. “Satu demi satu insya Allah janji kita tunaikan. Yang tidak mungkin insya Allah kita selesaikan,” ucap Anies.

Dia membeberkan, di antara janji yang sebelumnya dipandang sebelah mata, tapi saat ini sudah ditunaikan, yakni rumah DP 0 rupiah, menutup tempat maksiat dan menghentikan reklamasi.

“Semua dilakukan tanpa kekerasan. Cukup dengan selembar kertas dan tanda tangan,” kata Anies, sembari meminta umat Islam tidak menganggap enteng proses politik sebab melalui politik arah kebijakan ditentukan.

Di hadapan jutaan peserta reuni, Anies juga mengimbau agar umat Islam terus menjaga persatuan.

“Persatuan bukan didatangkan orang lain. Persatuan itu hasil ikhtiar kita. Insya Allah kita akan menjadi bagian dari yang menjaga persatuan di republik ini. Persatuan bisa dihadirkan dengan keadilan. Insya Allah kita akan lakukan di Jakarta ini,” pungkasnya.