Resmi, Sandi Uno Menparekraf, Jokowi: Semua Sudah Tahu

Nasional

NOTULA – Mantan Wagub DKI yang juga mantan Cawapres, Sandiaga Salahuddin Uno, akhirnya resmi masuk Kabinet Indonesia Maju.

Sandi Uno, demikian ia akrab disapa, yang juga Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu resmi ditunjuk Presiden Joko Widodo menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf).

“Semua sudah tahu, Bapak Sandiaga Uno. Beliau dulu wakil Gubernur DKI Jakarta, Ketua HIPMI, dan sekarang beliau diberi tanggung jawab di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” kata Presiden Joko Widodo, di Istana Merdeka, Selasa (22/12/20).

Putra wanita pengusaha, Mien Uno, ini secara otomatis menggeser posisi Menparekraf yang sebelumnya dijabat Wishnutama Kusubandio.

Selain Sandiaga, Jokowi juga menunjuk lima menteri baru, Tri Rismaharini (Mensos), Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan) Yaqut Cholil Qoumas (Menteri Agama), Sakti Wahyu Trenggono (Menteri Kelautan dan Perikanan), dan M Luthfi (Menteri Perdagangan).

Keenam Menteri baru itu rencananya dilantik Presiden Joko Widodo besok, Rabu (23/12/20).

Yang menarik, kursi Menteri Agama yang tidak masuk hitungan akan di reshuffle, justru diumumkan oleh Jokowi. Fahrul Razi kini diganti Yaqut Cholil Quomas.

“Bapak Yaqut Cholil Quomas, beliau tokoh muslim, ketua GP Ansor,” jelas Joko Widodo, saat mengumumkan.

Pada kesempatan itu, satu nama baru mencuat, yakni mantan Direktur Utama PT Inalum, Budi Gunadi Sadikin, yang oleh Jokowi dipercaya menjadi Menteri Kesehatan, menggantikan dr Terawan.

Budi Gunadi lahir pada 5 Mei 1964. Pria 56 tahun yang bergelar Insinyur itu memiliki latar belakang pengusaha, lulusan Fisika Nuklir Intitut Teknologi Bandung (ITB).