Rekor Rute Terpanjang, The Relay Run Tuntas di Museum Singhasari

Malang Raya, Sport

NOTULA – The Relay Run yang digelar sejak 20 hari yang lalu, akhirnya finish di Museum Singhasari, Singosari, Kabupaten Malang, Kamis (26/11/20) sore. Ke-60 pelari berhasil melintasi rute sejauh 1.260 Kilo meter, sejak start di Lembah Indah.

Peserta sudah mulai masuk di garis finish pukul 16.45 WIB. Mereka langsung disambut Sekda Kabupaten Malang, Dr Ir Wahyu Hidayat MM, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dr Made Arya Wedanthara SH MSi, dan jajaran Forkopimda.

Para peserta terlihat antusias dan bersemangat saat melintasi garis finish. Bahkan mereka sempat mengadakan selebrasi kecil.

Salah satu pelari memasuki garis finish (Foto: Doli Siregar)
a
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Made Arya Wedanthara, mengatakan, kegiatan ini selain menyambut hari jadi Kabupaten Malang, sekaligus memperkenalkan potensi wisata yang ada.

“Jadi, harapannya, mempromosikan wisata tapi tetap sehat,” kata Made, saat dijumpai seusai acara.

Dia juga mengatakan, even ini sangat efektif untuk mempromosikan tempat wisata. “Dari yang tidak tau, menjadi banyak yang tau. Karena pelarinya banyak sekali yang dari luar Malang. Sehingga, even ini sangat efektif untuk promosi tempat wisata,” katanya.

Sekda Kabupaten Malang bersama salah satu pelari (Foto: Doli Siregar)
a
Made berjanji akan segera megevaluasi even ini, melibatkan pihak-pihak terkait. “Akan jadi even tahunan atau tidak, mengingat banyak sekali permintaan untuk menjadikan even ini sebagai even tahunan,” Jelasnya.

Masih menurut Made, tahun depan kemungkinan menambah jumlah peserta. Pada even kali ini dibatasi 60 peserta saja, padahal banyak sekali yang ingin ikut dalam ajang ini.

Selain itu kemungkinan juga akan menambah rute. Menurutnya, masih banyak tempat wisata di Kabupaten Malang yang belum dilintasi peserta kali ini.

The Relay Run ini juga tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai rute lari terpanjang di Indonesia.