Ratusan Laporan Dugaan Mafia Bola Masuk di Meja Polisi

Nasional

NOTULA – Sejak dibentuk satu minggu yang lalu, Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Bola telah menerima 229 laporan dari masyarakat. Ada sekitar 43 laporan yang rencananya segera ditindaklanjuti.

“Dari 229 laporan, yang layak dijadikan bahan informasi, klarifikasi, konfirmasi, verifikasi, ada 43 laporan,” kata Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Senin (31/12).

Sejauh ini sudah empat tersangka yang ditetapkan terkait mafia sepak bola Indonesia yakni anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Johar Lin Eng, serta dua tersangka lain, Anik dan Priyanto dan anggota Komisi Disiplin PSSI Dwi Irianto alias Mbah Putih.

Ke-43 laporan itu, kata Dedi, diklasterisasi berdasarkan aduan yakni 27 laporan tentang pengurus klub, enam laporan tentang wasit, tujuh laporan tentang pertandingan yang aneh dan tiga laporan tentang pemain.

“Makanya kemarin Sekjen PSSI diambil keterangan dan diminta berikan data, ini untuk mengkroscek pertandingan-pertandingan baik liga 1, 2 dan 3 yang sifatnya aneh,” urai Dedi, seperti dikutip dari rmol.co.