NOTULA – Kepala Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang, Ir H Ade Herawanto MT dan Ketua Panitia Pelaksana Jalan Sehat Arema Sadar Pajak V 2018, Dwi Cahyo Teguh Y SSos MSi, menyambut baik partisipasi warga pada acara yang digelar di Simpang Balapan-Ijen, Sabtu (24/11) dan Minggu (25/11).

Saat ini lebih dari 50 ribu kupon jalan sehat sudah terdistribusikan ke masyarakat, melalui RT/RW, kelurahan, UPT BP2D di lima kecamatan, instansi mitra kerja BP2D seperti di setiap kantor Bank Jatim, pusat perbelanjaan, kantor media  maupun forum warga dan komunitas-komunitas se Malang Raya.

Pada perhelatan yang juga berkaitan dengan HUT ke-47 Kopri dan HUT ke-73 PGRI itu, kupon bisa didapatkan secara gratis, cukup menukarkan bukti pembayaran pajak daerah jenis apapun, seperti bill pembayaran di resto atau cafe, hotel, kwitansi pembayaran kost, pajak reklame, air tanah maupun bukti pelunasan PBB. penukaran kupon masih bisa dilakukan hingga hari-H pelaksanaan (selama persediaan masih ada).

Peserta diharapkan membawa kupon yang telah diisi sesuai identitas diri. “Jangan lupa bawa kartu identitas, sebagai bukti yang sah jika beruntung mendapat undian hadiah saat pelaksanaan kegiatan. Satu kupon berlaku untuk satu identitas. Hadiah tidak berlaku bagi panitia maupun keluarga panitia dari BP2D,” tutur Dwi Cahyo.

-Permohonan Maaf-

Pada kesempatan yang sama, Ade Herawanto menyampaikan permohonan maaf kepada warga Kota Malang, utamanya yang terimbas kegiatan di sekitar Simpang Balapan-Ijen.

“Kemungkinan ada penutupan jalan dan rekayasa lalu lintas selama pelaksanaan kegiatan. maaf atas ketidaknyamanan bagi pengguna jalan, khususnya warga Jalan Ijen, Jalan Panggung, Jalan Guntur, Jalan Merbabu, Jalan Pahlawan Trip dan sekitarnya,” tutur Ade.

Sementara Dwi Cahyo mengatakan, untuk bazar kuliner dan Pameran Produk UMKM di Simpang Balapan dimulai besok, Sabtu (24/11) sore, dilanjutkan Festival Parade Mini Truck memeriahkan venue bersamaan Malam Minggu.

Pada hari H, Minggu (25/11) pagi, digelar jalan sehat sekaligus Pemecahan Rekor MURI Goyang Payung di Simpang Balapan-Ijen, diikuti puluhan ribu peserta dengan dresscode biru Arema.

Untuk Goyang Payung, panitia telah mendistribusikan 5.000 payung lebih ke masyarakat melalui perangkat pemerintahan setempat dan komunitas senam.

“Maaf jika tak semua masyarakat mendapatkan payung dari panitia, karena keterbatasan kuota dan banyaknya peserta. Sebab itu masyarakat juga diimbau membawa payung sendiri dari rumah, dengan dresscode biru Arema,” tambah Dwi Cahyo.

Peserta goyang payung dengan gerakan paling atraktif, paling heboh dan dandanan menarik, bakal dinilai dewan juri dan berhak mendapat hadiah 1 unit sepeda motor. Undian khusus lainnya, peserta yang beruntung berhak mendapatkan hadiah sepeda motor.

Panitia juga menyiapkan rewards berupa dua unit mobil Toyota Agya, 10 sepeda motor, sepeda gunung, puluhan peralatan elektronik serta ratusan doorprize menarik bagi peserta Jalan Sehat Arema Sadar Pajak V 2018.

“Peserta jalan sehat bakal dihibur OM New Kendedes dan aksi band d’Kross, sembari menunggu pengundian kupon,” tambah Dwi Cahyo.

Pada hari yang sama digelar launching program Sunset Policy III. Pada dua edisi sebelumnya, program pemutihan denda administrasi untuk Pajak Bumi & Bangunan (PBB) berhasil menghimpun Rp 2 Miliar dari 6.834 Wajib Pajak (WP), dengan rincian, Sunset Policy I yang digeber dalam rangka HUT ke-71 Kemerdekaan RI 2016, jumlah SPPT yang dibayar 4.928 dengan realisasi Rp 1.507.763.584.

Lalu pada Sunset Policy II yang digeber dalam rangka Peringatan HUT ke-103 Kota Malang Tahun 2017, jumlah SPPT yang dibayar total 2.383 dengan realisasi pembayaran Rp 587.254.343.

Selain menambah pemasukan pajak daerah, Sunset Policy juga meningkatkan potensi pendapatan PBB di masa mendatang, karena menstimulir pemilik aset memanfaatkan masa keringanan pajak. Implikasinya, aset yang selama ini seperti tak bertuan, akhirnya bisa diketahui pemiliknya.