Puan dan Firli Dijadwalkan Hadiri Pembukaan Rakernas I JMSI

Tak Berkategori

NOTULA – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) di Semarang, Jawa Tengah, 10 November, bakal dihadiri sejumlah pejabat negara. Salah satunya Ketua DPR RI, Puan Maharani, yang akan membuka acara itu.

Dijadwalkan hadir juga, Ketua Dewan Pers M Nuh, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Menko PMK Muhadjir Effendy, dan Ketua KPK Firli Bahuri yang akan membawakan sesi khusus tentang pencegahan korupsi.

Ketua Panitia Rakernas yang juga Ketua Bidang Kerjasama Pengurus Pusat JMSI, Jayanto Arus Adi, memastikan, acara akan berlangsung khidmat pada 10-12 November 2021, dihadiri 200 orang pengurus daerah JMSI dan undangan.

Untuk menjalankan amanat Munas JMSI yang digelar di Riau dan Jakarta secara virtual pada 29 Juni lalu, Jayanto Arus Adi berkoordinasi dengan Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Drs Ahmad Luthfi.

Jayanto bersama jajaran panitia dan pengurus JMSI, kemarin, silaturahmi sekaligus mengundang Irjen Pol Ahmad Luthfi pada acara itu.

“Saya siap hadir dan menjamin keamanan serta kelancaran acara rakernas,” jelas Irjen Pol Ahmad Luthfi, saat audiensi dan silaturahmi panitia dan pengurus JMSI, di Mapolda Jateng.

Kapolda berharap Rakernas menghasilkan keputusan yang baik bagi organisasi media siber itu. Kehadiran media siber, kata Kapolda, menjadi sangat vital di era digital dewasa ini.

“Media siber dapat menjadi katalisator dan penyaring kabar negatif atau hoax yang banyak bertebaran di media sosial,’’ ujar Kapolda yang didampingi Kabid Humas, Kombes M Iqbal Alqudusy.

Jayanto juga memaparkan, pelaksanaan Rakernas JMSI tidak hanya Menyusun sejumlah program penting organisasi, lebih dari itu juga menyusun peta-jalan kampanye penanggulangan Covid-19, termasuk kampanye sadar vaksin dan protokol kesehatan.

“Saat ini ada sekitar 800 media di Tanah Air, mulai Sabang sampai Merauke, yang berada di bawah naungan JMSI,” katanya, seperti dilasir rmol.id.

Pemimpin Umum Kantor Berita RMOLJateng itu juga menambahkan, komitmen JMSI menjadikan anggotanya kredibel dan profesional melalui kelembagaan yang tersertifikasi dan terverifikasi oleh Dewan Pers.

Dari 30 provinsi yang memiliki pengurus daerah JMSI, 23 telah terverifikasi, 12 diantaranya terverifikasi secara faktual oleh Dewan Pers. Selebihnya tengah menjalani proses verifikasi.

“Rakernas mendatang akan mengesahkan JMSI sebagai konstituen Dewan Pers,” tandasnya.

Ikut mendampingi Jayanto Arus Adi pada pertemuan itu, di antaranya sekretaris panitia yang juga Ketua JMSI Jateng, Stefy Thenu, Agus Hermanto (Wakil Ketua JMSI Jateng) dan Damar Sinuko (Pembina JMSI Jateng).