PSSI Usul Liga 1 dan 2 Digulir September atau Oktober 2020

Sport

NOTULA – Wacana bergulirnya Kembali kompetisi sepak bola profesional tanah air, Liga 1 dan Liga 2, digaungkan PSSI. Sejumlah usulan diajukan pada seluruh tim peserta terkait kelanjutan dua kompetisi tersebut.

Angin segar itu terungkap saat PSSI menggelar rapat virtual bersama klub peserta Liga 1 dan Liga 2 bersama PT LIB, Selasa (2/6/20).

Seperti dikutip dari rmol.id, rapat virtual yang berlangsung lebih dari 8 jam itu diikuti para anggota Komite Eksekutif PSSI, Ketum Mochamad Iriawan, Waketum Iwan Budianto, Plt Sekjen Yunus Nusi, dan Direktur Teknik Indra Sjafri.

PT LIB diwakili Direktur Operasional Sudjarno, Direktur Bisnis Rudy Kangdra, dan Direktur Keuangan Anthony Kartawiria.

“PSSI memberikan opsi-opsi kepada klub Liga 1 dan 2 terkait kelanjutan kompetisi. Jadi keputusan tetap di rapat Komite Eksekutif. Seperti Liga 1 dimulai bulan September atau Oktober, setelah itu terkait nominal penambahan subsidi, dan pertandingan dimainkan di Pulau Jawa, konsep degradasi dan promosi,” kata Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Dikatakan juga, opsi untuk melanjutkan kompetisi tak lepas dari kepentingan besar, yakni bakal tampilnya Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

“Untuk Liga 2, PSSI menawarkan opsi home tournament, formatnya dibagi empat grup, masing-masing grup enam tim. Dimulai sekitar Oktober. Jadi opsi untuk status kompetisi Liga 1 dan 2 adalah kompetisi lanjutan. Kompetisi akan dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat. Tadi dokter Syarif Alwi juga telah memberikan paparan kepada seluruh klub,” tambahnya.

PSSI juga akan menyiapkan payung hukum terkait kontrak pemain dan pelatih. PSSI juga telah melakukan diskusi dengan APPI (Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) dan Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI) setelah rapat virtual kemarin.

Sebagai persiapan, PSSI juga terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti Kemenpora, Kementerian Kesehatan, Kepolisan, dan Gugus Tugas Covid-19.