“Presiden dan Nadiem, Mohon Sekolah Dibuka Tahun Depan!”

Nasional

NOTULA – Ekonom yang juga tokoh nasional, Rizal Ramli, berpesan, hendaknya rencana pembukaan kembali sekolah dikaji lebih dulu secara matang.

Dia berpendapat, dunia pendidikan harus menjadi perhatian serius Presiden Joko Widodo dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, apabila mau menerapkan protokol new normal.

Menurut Rizal, wabah virus corona baru atau Covid-19 di Indonesia belum benar-benar menurun. Ini harus jadi pertimbangan utama.

Menko Perekonomian era Presiden Gus Dur ini juga mengingatkan bahwa banyak Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Indonesia yang memiliki kapasitas padat. Artinya, jika sekolah dibuka kembali, maka sangat berpotensi menjadikan dunia pendidikan klaster baru Covid-19.

“Ingat, corona belum betul-betul menurun. Banyak SD, SMP padat sekali. Nyaris sulit untuk jaga jarak,” tegasnya, seperti dikutip dari akun Twitter pribadinya, Kamis (28/5/20).

Sebab itu, Rizal Ramli meminta kepada Presiden Joko Widodo dan Menteri Nadiem untuk arief bijaksana membuat kebijakan.

Secara pribadi, dia meminta keduanya agar menunda pembukaan sekolah hingga tahun depan, seperti di Jepang.

“Presiden Jokowi dan Nadiem, mohon sekolah SD, SMP, dan SMA diundur sampai awal tahun depan. Jepang yang penanganan corona dan social distance-nya terjaga juga undurkan sekolah sampai Januari,” tutupnya, seperti dikutip dari rmol.id.