PP Kecamatan Dampit Bantu Korban Tanah Longsor Baturetno

Malang Raya

NOTULA – Pemuda Pancasila (PP) Kecamatan Dampit turun tangan membantu warga yang terdampak bencana alam tanah longsor di Desa Baturetno, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang.

Sedikitnya 12 personel anggota PP Kecamatan Dampit, dipimpin ketuanya, Nanang Qosim, langsung menyentuh warga yang terdampak, Sumadi (40), yang rumahnya ambruk karena musibah itu.

Bantuan yang diberikan berupa beras, mie instan, dan minyak goreng. Sementara itu, Pemdes Baturetno, Baznas dan sejumlah donatur swasta juga ikut memberikan bantuan.

“Meski tidak banyak, setidaknya bisa meringankan beban korban,” tutur Kades Baturetno, Sukirno.

Pemdes Baturetno juga menganggarkan bantuan renovasi rumah Sumadi. Dianggarkan pada 2021.

Ketua PP Kecamatan Dampit, Nanang Qosim, mengatakan, warga Baturetno sangat senang dengan bantuan dari PP Kecamatan Dampit ini.

“Kemarin kami sampai di lokasi disambut kepala desa dan masyarakat sekitar. Mereka sangat senang dengan kehadiran kami,” kata Nanang, saat dihubungi melalui Whatsapp, Selasa (10/11/20).

Dia juga mengatakan, kedepan pihaknya akan membentuk kapengurusan ranting di setiap desa. “PP makin solid dan terus semangat membantu masyarakat yang membutuhkan,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, rumah yang ditinggali Sumadi dan keluarga ambruk, akibat tanah bergeser karena longsor.

Letak rumah Sumadi berada di samping tebing curam. Saat itu hujan cukup lebat, tanah pondasi rumahnya mengalami longsor.
Akibat kejadian itu, Sumadi dan keluarga terpaksa harus mengungsi. Dia boyongan sementara waktu ke rumah saudaranya.