PKS Minta KPU dan Bawaslu Kawal Kepastian Pelaksanaan Pemilu

Nasional

NOTULA – KPU (Komisi Pemilihan Umum) dan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) yang baru dilantik diharapkan betul-betul mampu memastikan penyelenggaraan Pemilu sesuai jadwal yang ditetapkan.

Harapan itu disampaikan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu, kepada wartawam di Jakarta, Rabu (13/4/22).

Menurutnya, salah satu hal penting yang perlu dilakukan adalah mengawal agenda Pemilu 2024 sesuai jadwal, yakni 14 Februari 2024.

“Komisioner KPU dan Bawaslu yang baru dilantik harus mengawal terselenggaranya Pemilu 2024 sesuai jadwal yang telah ditetapkan,” tegasnya lagi.

Kepastian ini perlu menjadi perhatian, karena menurut Syaikhu, isu penundaan Pemilu masih berhembus di tengah masyarakat.

“Ini harus jadi perhatian KPU dan Bawaslu. Sebab wacana terkait penundaan Pemilu 2024 masih kita dengar,” ungkapnya.

Dia juga menambahkan, adanya kepastian pelaksanaan Pemilu 2024 sesuai jadwal akan membuat persiapan berlangsung optimal.

“Insya Allah akan optimal persiapannya,” katanya.

Anggota Komisi I DPR RI itu juga meminta agar belajar dari pengalaman Pemilu 2019. Dan memastikan pemilu nanti berlangsung jujur, bebas dan adil.

“Pemilu 2019 harus jadi pelajaran. Jangan sampai hal-hal yang jadi catatan evaluasi terulang kembali. Pastikan Pemilu 2024 berlangsung jujur, bebas dan adil,” pungkasnya.