Pimpinan DPR Setujui Tuntutan Massa ANAK NKRI Soal RUU HIP

Nasional

NOTULA – Tuntutan massa Aliansi Nasional Anti Komunis (ANAK) NKRI terkait penolakan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) mendapat sambutan positif dari pimpinan DPR RI.

“Aliansi ANAK NKRI sudah diskusi panjang lebar masukan dari para habib, tuan guru, dan tokoh masyarakat. Kami tampung dan kami berkomitmen melakukan penyetopan ini. Tentu dengan mekanisme yang akan kita lalui dengan tatib, dan mekanisme yang ada di dalam UU DPR,” tutur Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin, usai rapat tertutup dengan ulama, di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/6/20).

“Pasal 5 ayat 1 dan Pasal 7 akan menjadi catatan kami, dan Insya Allah kami berkomitmen akan stop,” tegasnya, seperti dikutip dari rmol.id

Dia juga memberikan apresiasi kepada ulama yang telah menaruh perhatian mengenai RUU HIP yang menuai polemik. Nantinya, penyetopan pembahasan RUU HIP akan menunggu mekanisme yang ada.

“Surat yang telah disampaikan oleh Menko Polhukam, Mahfud MD, telah menyampaikan untuk distop. Nanti surat itu akan menjadi mekanisme pembahasan yang ada di DPR sesuai tatib, kita akan melalui mekanisme rapat pimpinan, kemudian Bamus bawa ke Paripurna untuk melakukan komitmen penyetopan ini,” papar politisi Golkar itu.

Disinggung soal pemerintah tidak akan mengirimkan Supres untuk pembahasna RUU HIP tersebut, Azis mengatakan DPR tidak akan membahas itu kembali. “Kalau Supres tidak ada, otomatis stop,” tandasnya.