Pimpinan DPR Minta Pemerintah Tetapkan OPM sebagai Teroris

Nasional

NOTULA – Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo, mendesak Pemerintah RI tegas menghadapi organisasi-organisasi yang mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), seperti Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Papua.

Bamsoet, demikian ia akrab disapa, bahkan mendesak agar OPM segera ditetapkan sebagai organisasi teroris.

“Tentu kami dorong kepada pemerintah, apa yang dilakukan OPM sebagai gerakan terorisme. Penangannya sudah ada dalam UU Terorisme,” tegas Bamsoet, usai Rapat Paripurna DPR, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (13/12).

Menurutnya, sikap lembek dari pemerintah hanya akan menghambat penanganan terhadap gerombolan OPM. Jika pemerintah tidak tegas, maka kejadian dan sikap yang ada akan terus berulang di waktu yang akan datang.

“Jadi harus ada sikap tegas dan keras untuk menuntaskan gerakan ini, jika tidak tegas pasti akan berulang. Mereka bukan bergerak biasa, mereka bergerak untuk memisahkan diri dari Indonesia,” dia mengingatkan.

Politisi Partai Golkar ini melihat, jika sudah ditetapkan sebagai teroris, maka peran TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) sudah pasti dilibatkan berdasarkan UU Terorisme.

“Jadi kita kembalikan pada pemerintah, karena kita sudah ada UU Terorisme dan sudah punya SOP untuk menghadapi itu,” pungkasnya, seperti dikutip dari rmol.co.