Permintaan Meningkat, Harga Aglonema Meroket

Malang Raya, NOT-TV

NOTULA – Aglonema, salah satu jenis tanaman hias dengan beragam warna dan bentuk, makin digandrungi di masa pandemi ini.

Seperti di Kebun Bunga Aglonema 66 di Jalan Raya Kasin, Karangploso, Kabupaten Malang, yang menjual beragam jenis Aglonema, diantaranya Golden Krisna, Snow White, Pret Sumatra, Big Papa, Red Borju, Red Maroon, Andini, Pink Demation, Lipstik Siam Aurora, dan sebagainya.

Setiap hari tak pernah sepi pembeli. Di tempat itu bukan Aglonema saja yang diperdagangkan, ada juga beragam jenis Monstera yang kini harganya mencapai ratusan juta rupiah.

Harga Aglonema dihargai mulai Rp 50 ribu hingga Rp 5 juta, sedang Monstera berkisar dari harga puluhan ribu bahkan sampai ratusan juta.

Pemilik Kebun Bunga Aglonema 66, Sukolisno, mengaku sudah membuka usaha tanaman hias sejak 2007. Seiring berjalannya, waktu gerai tanaman hiasnya berkembang.

Kini Sukolisno malah sering didapuk untuk memberikan pelatihan bagi kolektor bunga pemula.

“Saya memang suka bunga. Setiap saya tanam, lalu setelah subur, saya pecah tunas yang baru dan ternyata banyak yang mau beli, akhirnya saya putuskan bisnis tanaman hias,” kisahnya.

Pelanggannya antara lain pedagang bunga dari Batu, Pacet, Sidoarjo, Pasuruan, Malang Raya, termasuk mahasiswa yang belajar bisnis dengan menjual tanaman yang dibeli darinya.

Soal pandemi, justru tokonya makin ramai, omzetnya pun melejit dibanding sebelum ada Covid-19. Menurutnya, banyak orang jenuh saat work from home, sehingga memilih tanaman sebagai penghilang rasa jenuh.

Sukolisno memberi tips bagi kolektor tanaman hias pemula. Menurutnya, memelihara tanaman harus belajar dari awal, mulai dari jenis tanaman yang akan dirawat dan bagaimana perlakuannya.

“Sebaiknya disemprot fungisida, untuk mencegah jamur pada daun,” tutupnya.