Peringati HDI, Negara Pastikan Disabilitas Diperlakukan Setara

Nasional

NOTULA – Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 3 Desember 2020 mendatang mengusung tema Not All Disabilities Are Visible (tak semua disabilitas terlihat).

Dilansir dari kemsos.go.id, Senin (2/11), Menteri Sosial, Julian P Batubara, mengatakan, tema itu menunjukan masyarakat pada umumnya tidak menyadari dan tahu semua ragam disabilitas, hingga menyebabkan ada perlakuan diskriminatif dari lingkungan pada kondisi tertentu.

“Negara memberi perhatian kesetaraan untuk semua ragam disabilitas. Kemensos berkomitmen membangun kepedulian untuk mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan penyandang disabilitas dan mendorong pemenuhan hak melalui program inklusi dan SDM disabilitas yang unggul dan bersama mencegah Covid-19 ,” katanya.

Mensos Juliari berharap para penyandang disabilitas berkesempatan mendapat lebih banyak akses dan kesempatan di sektor pemerintahan maupun swasta. “Terlebih bila mereka memiliki sertifikasi dan keterampilan yang memadai,” imbuhnya

Dalam UU No 8/2016 tentang Penyandang Disabilitas, pemerintah berkewajiban memberi kesempatan kerja sebanyak dua persen untuk penyandang disabilitas, dan satu persen untuk dunia usaha.

Kemensos juga menyediakan balai pelatihan untuk disabilitas terbesar di Asia Tenggara, seperti Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual Ciung Wanara (BRSPDI) dan Balai Rehabilitasi Vokasional Penyandang Disabilitas (BBRVPD) di Cibinong, Bogor.

HDI 2020 akan diselenggarakan pada 18 November – 3 Desember, ditayangkan serentak melalui Youtube Kemensos, TVRI dan RRI.