Penundaan Pelantikan Doni Monardo Karena Faktor Administrasi

Nasional

NOTULA – Pelantikan Letjen TNI Doni Monardo sebagai kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang baru tertunda karena faktor administrasi.

Penegasan itu disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, di Kantor BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Rabu (2/12).

“Ditunda, bukan dibatalkan, jadi tadi malam dengan perkembangan-perkembangan terkini, karena Kepala BNPB itu pejabat negara, setingkat dengan menteri. Sehingga ada administrasi yang harus diselesaikan terlebih dulu,” terangnya.

Sutopo menambahkan perbaikan itu dilakukan dari pihak Istana. Sementara pelantikan akan dilakukan dalam waktu dekat, usai perbaikan selesai.

“Dalam hal ini ada aturan yang akan diperbaiki oleh Presiden Joko Widodo, sehingga ditunda dalam waktu dekat,” ungkap Sutopo, seperti dikutip dari rmol.co.

Undangan pelantikan kepala BNPB yang baru sempat beredar Selasa (1/1) petang. Pihak Istana bahkan telah mengonfirmasi bahwa Letjen TNI Doni Monardo akan mengisi pos yang ditinggalkan Laksamana Muda (Purn) Willem Rampangilei.

Namun, selang beberapa jam, Istana membatalkan pelantikan itu. Mensesneg Pratikno menyebut, Presiden Joko Widodo akan meninjau korban tsunami Selat Sunda di Lampung, sehingga pelantikan ditunda.